Senin, September 23

pengalaman-belajar-digital-marketing
Pengalaman Belajar Digital Marketing di RevoU (indahladya.com)

Pernah nggak sih merasa bingung untuk ambil suatu keputusan besar? Kurang lebih itu yang aku rasakan ketika dulu pengen banget switch career dan nyobain belajar digital marketing, tapi di saat yang bersamaan juga belum terlalu yakin untuk menyusun rencana ke depannya seperti apa. Akan digapai dalam waktu berapa lama? Pake cara apa? Perlu ikut bootcamp kah? Will it be worth the money? Dan masih banyak keraguan-keraguan lainnya.

Awal Bisa Kenal Digital Marketing

“Kok bisa kepikiran untuk switch career sih?”

alasan-belajar-digital-marketing
Alasan Belajar Digital Marketing (indahladya.com)

Sebenarnya kalau mau diceritain semuanya bisa sepanjang script drama korea 20 episode sih, so kita lompat aja yah ke part paling “seru” nya, hihi.

Jadi awalnya aku cuma mediocre student di salah satu universitas di Indonesia jurusan kesehatan. So far, everything is going well. Turns out, ketika aku harus handle small projects dari salah satu organisasi yang aku ikutin di sana, justru bikin aku sadar kalau role aku di project ini tuh ternyata “aku banget”.

Iya, sebut saja head of marketing divison yah biar kedengerannya lebih keren, haha.

Aku yang saat itu pede banget mau masuk ke divisi social media malah ditarik ke divisi marketing, apa gak kaget kan?

Awalnya aku cukup ragu untuk mengiyakan divisi yang seems unfamiliar to me, bahkan sepertinya gak pernah kepikiran kalau tugasnya marketer itu ngapain. Tapi jiwa ambisku yang seringkali bertentangan dengan akal dan logika ini akhirnya memilih untuk mengiyakan tawaran tersebut, dan serius, ini keputusan terbaik yang pernah aku ambil!

Pertama Kali Dengar Tentang RevoU

Balik lagi dengan huru-hara pertentangan jiwa ambis dan logikaku saat itu, setelah mengiyakan tawaran tersebut aku malah jadi kebakaran jenggot sendiri, panik harus ngapain, haha.

Tapi nilai yang ditanamkan oleh orangtuaku untuk selalu bertanggungjawab dengan keputusan apapun yang aku ambil, berani menyelesaikan apa yang aku mulai, akhirnya menjadi alasan untuk selalu memberikan yang terbaik atas apapun yang aku pilih saat itu, I commit to myself.

Satu-satunya hal yang kepikiran di kepalaku saat itu ya cuma browsing sih. Toleh kanan-kiri pada temen-temen yang satu jurusan, sama-sama gak familiar dengan dunia marketing, yah alamat berjuang sendiri ini mah.

Yang awalnya pengen berselancar tipis-tipis cari info biar “keliatan pinter” ketika nge-handle timku nanti, eh malah kedapetan sama iklan RevoU Mini Course, free course 2 minggu dapat sertifikat? Apa gak auto join saya, haha.

-Join RevoU Mini Course-

RevoU Mini Course yang aku ikuti saat itu bertema besar “Social Media 101”, jadi memang cukup relate sama project yang aku handle saat itu, even aku dapet insight yang sangat membantu since day one!

Beberapa insight tersebut aku coba terapkan ke tim marketingku saat itu, and it works! Guess how proud I am!

Aku benar-benar serius mengikuti RevoU Mini Course ini, sampai ikut ngerjain final assignment juga, bahkan yang optional sekalipun, it’s part of my ambitious skills anyway.

Guess what, di akhir kelas ternyata aku dapat invitation ke jalur fast track karena berhasil mengerjakan RevoU Mini Course Certification Test dengan nilai maksimal!

fast-track-invitation-revou
Fast Track Invitation from RevoU (indahladya.com)

Jujur aku tertarik banget untuk join FSDM RevoU dan serius ke bidang ini, namun sepertinya situasi dan kondisinya kurang tepat sehingga aku harus sedikit ngerem keinginanku di tahun 2021 itu, part of my emotional journey.

Akhirnya Pilih Lanjut Full Stack Digital Marketing Revou, Kenapa?

“Sepertinya sama.. 3 tahun berlalu ternyata rasanya masih sama!”

No no no, bukan lagi mau nyanyi lagu galau. Ini masih mau nyeritain tentang RevoU.

Setelah 3 tahun berlalu, ternyata aku masih pengen banget untuk serius ke bidang digital marketing ini, dengan excitement dan semangat yang masih sama persis ketika aku kenal digital marketing pertama kali di 3 tahun yang lalu. Dan kebetulannya dikasih kesempatan lagi dengan situasi dan kondisiku yang lebih siap, definisi jodoh datang di waktu yang tepat yah.

1. RevoU vs Bootcamp Lain

Setelah banyak pertimbangan (dan browsing panjang), aku menemukan bahwa RevoU menawarkan lebih dari sekedar teori. Dibanding bootcamp lainnya, RevoU langsung fokus ke practical case studies yang bakal kepake banget selama di dunia kerja nantinya, especially untuk kamu yang punya niat switching career kayak aku.

Dan yang bikin aku semakin yakin adalah banyaknya testimoni positif dari alumni RevoU. Mereka cerita soal pengalaman belajar yang fun dan relevan, dan itu bikin aku makin penasaran untuk cobain sendiri!

2. Reputasi Instruktur dari Top Company

Salah satu hal yang bikin aku tertarik adalah instruktur yang memang udah punya pengalaman di bidang yang sedang dipelajari saat itu. Contohnya, ada kak Yaya yang udah berpengalaman kurang lebih 6 tahun di bidang CRM untuk ngelead materi Customer Relationship Management di minggu itu. Untuk beberapa profil instrukturnya aku coba attach di bawah ya.

instruktur-berpengalaman-revou
Instruktur Berpengalaman RevoU dari Top Companies (indahladya.com)

3. Kurikulum yang Terstruktur dan Praktikal

Di RevoU, nggak cuma teori doang, tapi kita langsung praktik! Setiap tugas rasanya kayak latihan kerja beneran. Kurikulumnya juga nggak sembarangan. Setiap modul di RevoU disusun dengan sangat terstruktur. Dari yang paling dasar hingga level advance, semuanya dikemas dengan rapi dan mudah dipahami.

Plus, karena fokusnya adalah pada praktik, setiap modul dilengkapi dengan tugas-tugas yang membantu kita langsung menerapkan apa yang dipelajari. Jadi, nggak ada tuh rasa “ngawang-ngawang” karena cuma belajar teori.

4. Fleksibilitas dan Support yang Ditawarkan

Hal lain yang aku suka dari RevoU adalah fleksibilitasnya. Jadwalnya menyesuaikan jam pulang temen-temen yang kerja kantoran, setiap jam 7-9 malem dari Senin sampai Kamis. Kemudian setiap Sabtu kita akan ada pitching day dan sprint review menyesuaikan modul yang sedang dipelajari saat itu.

Selain itu, kita juga bakal dapet dukungan dari Section Manager (SM) dan Team Leader (TL) yang bikin aku merasa seperti punya mentor pribadi dan selalu siap direpotin, hehe. Kalau ada yang kurang jelas, gas langsung tanya aja, mereka akan siap membantu, dan nggak pernah bikin aku merasa pusing sendirian.

Serunya Pengalaman Belajar Digital Marketing di RevoU

1. Individual Project dari Studi Kasus Unicorn Tech Companies

Nah, seperti yang udah sempet dimention sebelumnya, project-project dari RevoU ini praktikal banget guys. Untuk advanced individual projectnya diambil dari case study untuk masuk ke Unicorn Tech Companies.

Untuk kaum ambis sepertiku kamu bisa banget ngerjain advanced assignmentnya, karena nggak cuma ilmu extra yang kamu dapetin, tapi juga feedback langsung dari instructor kalau kamu kepilih jadi advanced presenter.

advance-presenter-sprint-review-revou
Kesempatan Jadi Advance Presenter (indahladya.com)

Nah, kebetulan aku dapet beberapa kali kesempatan untuk present advanced assignment-ku selama RevoU Faculty kemarin, yaitu ada di modul Measuring Performance & Budget Allocation, Social Media Organic, SEO, Content Marketing, dan Customer Relationship Management, muehehe. Lebih detailnya bakal aku bahas di postingan terpisah yah!

2. Paid Ads Group Project dengan Real Budget Module

Selain individual project, ada juga group project yang nggak kalah seru. Kamu bakal dikasih tugas untuk handle campaign berbayar dengan budget nyata, pake duit beneran!

paid-ads-group-projects-revou
Paid Ads Group Projects RevoU dengan Real Budget (indahladya.com)

Dan tentunya group project ini bakal dijadiin kompetisi ketika pitching day, feedback yang dikasih sama instruktur pun pastinya aplikatif dan berguna untuk kamu terapkan di real project ketika kamu kerja beneran nanti. Seru banget kan?

-Join RevoU Full Stack Digital Marketing-

Apa Sih yang Bikin RevoU Worth It?

Setelah melewati perjalanan seru selama 3 bulan belajar digital marketing di RevoU, aku bisa bilang worth it banget! Ini dia yang bikin RevoU nggak cuma sekedar bootcamp biasa:

1. Gratis Akses RevoU Community

Selesai Full Stack Digital Marketing RevoU? Eits, tunggu dulu! Kamu masih bisa terus terhubung dengan RevoU Community secara gratis. Ini tuh bagaikan keluarga digital marketing yang selalu ada buat kamu. Di sini, kamu bisa ketemu alumni, mentor, dan teman-teman seangkatan yang semuanya punya tujuan sama: berkembang di dunia digital marketing.

revou-digital-marketing-community
RevoU Community Invitation (indahladya.com)

Networking jadi lebih gampang, dan kamu juga bisa dapet banyak peluang kerja dan ilmu baru dari RevoU Community. Ini bukan sekedar grup biasa, tapi tempat di mana kamu bisa tumbuh dan saling support!

2. RevoU Next

Nah kalau RevoU Faculty tadi hanya bertahan sampai 3 bulan, untuk kamu yang join program 6 bulan Full Stack Digital Marketing di RevoU akan lanjut ke RevoU Next. Kebetulan aku termasuk student yang mengambil program ini.

Di RevoU Next ini, kita akan memilih salah satu channel yang akan jadi fokus kita. Di sini kita juga akan bekerja lagi secara team dengan real project yang lebih seru dan menantang tentunya.

Selain itu, di RevoU Next kamu juga akan dapat Career Support. Bayangin, setelah selesai belajar, kamu nggak cuma dibiarkan berjalan sendiri. Di RevoU, kamu dapat dukungan karir yang super lengkap! Mulai dari bimbingan buat bikin CV, sampai mockup interview yang bikin kamu siap tempur. Kalau udah ada career support kayak gini, yakin deh, kamu bakal lebih siap bersaing di dunia kerja.

Setelah Belajar di RevoU, Apa yang Berubah?

Oke jadi, tibalah saatnya aku harus kasih overall review dari cerita perjalananku selama di Full Stack Digital Marketing RevoU yang udah sepanjang jalan kenangan ini ya!

Menurutku ini super worth it! Kenapa?

Dengan uang yang kita spend ke RevoU, kita gak cuma membayar teori dan practical case studies, tapi juga kerangka berpikir dan networking guys!

alasan-belajar-digital-marketing-di-revou
Alasan Belajar Digital Marketing di RevoU (indahladya.com)

Bayangin, aku yang dari 3 tahun lalu pengen banget switch career tapi masih “ngawang-ngawang” step by step-nya seperti apa, am I on the right track? Belum lagi coba-coba self studies tapi malah cuma dapet “teori” nya doang, bukan konsep dan kerangka berpikir seorang digital marketer beneran. It’s kindly different kalau kalian udah coba belajar digital marketing di RevoU.

Once again, ini adalah pengalaman pribadiku. Dengan semua struggle dan keraguan yang aku lewatin sejak 3 tahun lalu, aku bisa bilang dengan bangga kalau bergabung dan belajar digital marketing di RevoU adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah aku ambil di tahun ini.  

Nah, selain digital marketing sebenarnya RevoU juga punya beberapa program lainnya seperti Full Stack Data Analytics, Full Stack Product Management, Full Stack Software Engineering, dan beberapa program academy lainnya. Selain itu, kamu juga bisa nyobain versi gratisannya dulu nih di RevoU Mini Course.

-Join Free RevoU Digital Marketing Mini Course-

join-revou-mini-course
Join Free Trial Class di RevoU Mini Course (indahladya.com)

Hanya dengan memanfaatkan referral link waktu ngisi form pendaftaran untuk jenis kelas apapun, kamu bisa dapet cashback Rp 500.000 dari aku. Cuan banget kan? So yaa, don’t missed it guys!

-Join RevoU Full Stack Digital Marketing-

-Join RevoU Full Stack Data Analytics-

-Join RevoU Full Stack Product Management-

-Join RevoU Full Stack Software Engineering-

Untuk yang masih ragu dan pengen discuss tipis-tipis sama aku boleh banget reach out di kolom komentar atau leave a message di kolom email pada blog ini ya! Good luck!

18 komentar:

  1. Kayanya sih seru sih course ini. Tapi masih ragu kalo course kaya gini. Takut ga ada jaminan bekerja nanti. Belom pernag ngerasain kursus-an gitu...

    Newsartstory

    BalasHapus
  2. Secara sekarang ini digitalisasi sudah menjadi tolak ukur terutama untuk urusan pemasaran produk maupun jasa, jadi kursus-kursus ranah digital seperti yang ada di RevoU ini perlu banget untuk diikuti sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  3. wih dengan latar belakang kesehatan tapi menemukan passion di dunia digital marketing ya kak, seru banget sih Revou ini terutama dari netwoking yang terbentuk dan kultur saling mendukung. Sukses selalu kak.

    BalasHapus
  4. Happy kalau ngerjain aktivitas sesuai passion ya Kak. Aku bacanya ikut ketularan semangatnya. Keren!
    Senangnya bisa bergabung dan belajar digital marketing di RevoU yang ternyata jadi keputusan terbaik

    BalasHapus
  5. Wah, ternyata belajar digital marketing di RevoU seru juga ya. Aku jadi penasaran sama modul-modulnya. Pastinya setelah belajar digital marketing, peluang karier jadi lebih luas.

    BalasHapus
  6. Zaman sekarang urusan marketing nggak lagi repot dan semua orang bisa lebih mudah upgrade skill di mana aja. Penasaran lho kalau gini sama revou, apalagi kelasnya fleksible. ❤️❤️

    BalasHapus
  7. Positif vibes banget tulisannya. Jadi ketularan semangatnya buat switch career nih, kak. Sempet tertarik juga sama RevoU ini, tapi jam segitu masih kerja jadi masih maju mundur.

    BalasHapus
  8. Keren banget sih, dari background kesehatan lalu pindah ke digital marketing karena passion. Apalagi belajarnya di Revou semakin menarik karena di sana banyak pilihan programnya. Seru...

    BalasHapus
  9. Switch career kayanya menantang, ya. Tapi memang penting untuk paham terlebih dahulu dengan gambaran pekerjaan yang akan kita tuju dan ikut bootcamp bisa jadi salah satu jalan ninja untuk memahami dunia kerjaan baru nantinya

    BalasHapus
  10. Seiring dunia digitalisasi yang main pesat sekarang perkembangan dunia kerja tuh bener-bener luasbahlan ada aja bidang kerja yang ternyata bikin kita bilang "oh ada yaa pekerjaan ini" jadinya pasti belajar apapun yang berhubungan dengan digital akan bermanfaat

    BalasHapus
  11. Tambah pengetahuan dan wawasan itu skrg mudah krn ada banyak course2 kece kaya revou ini. Tinggal niat kita aja buat gigih menimba ilmu. Sukses terus kak!

    BalasHapus
  12. Iya, sih, belajar otodidak juga bisa sebetulnya. Tapi, memang jauh lebih enak ikutan kelas. Biasanya akan lebih mengerti. Bisa dapat networking pula ya

    BalasHapus
  13. Wah ini keren sekali Kak' berani berbalik arah demi mengambil keputusan yg diinginkan dengan sadar diri sepenuhnya.

    BalasHapus
  14. RevoU emang tempat belajar digital marketing paling seruuu, udah dari dulu itu. Btw, aku juga bikin lembaga belajar ginii namanya Finterly. Bedanya sama RevoU, kalau mereka kan fokus ke digital marketing nih, sedangkan Finterly fokusnya ke pengetahuan seputar keuangan, kalau Kak Indah tertarik ke per-duit-an, bisa nihhh cobain :D

    BalasHapus
  15. Eh seru, bisa coba-coba gratis dulu. Menarik, nih (yang gratis-gratis memang menarik). Jadi bisa cari tahu dulu kan, kita beneran berminat dan berpotensi di situ atau enggak.

    BalasHapus
  16. Menarik nih bisa trial gratis dulu. Memang ya kalau belajar Digital Marketing di RevoU udah yang paling seru, banyak program tersedia untuk kita upgrade skill y

    BalasHapus
  17. baru tau nih tentang RevoU, menarik banget ya karena programnya bagus semua.
    bagi yang mau switch career jadi bisa lebih mantab nih hatinya kalau mau pindah.
    jadi pengen belajar juga nih di RevoU.

    BalasHapus
  18. Saya sudah cukup sering mendengar nama RevoU ini. Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia digital marketing, saya tertarik dengan materi SEO yang ada di RevoU ini. Bagaimana tidak?, banyak konten konten mereka yang berhasil perform di halaman 1 Google

    BalasHapus

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates