Minggu, Juli 21

menjaga-gaya-hidup-sehat
Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat (indahladya.com)

“Kayaknya pola makanku udah sehat banget nih, tapi kok masih gampang cape ya?”

Ada yang pernah mengalami hal yang sama nggak nih? Udah ngerasa punya pola makan yang sehat tapi tetap ngerasa kurang fit? Bisa jadi kamu kurang menjaga gaya hidup sehat, karena ternyata menjaga gaya hidup sehat ini nggak cuma dari makanan aja loh.

Apa itu Gaya Hidup Sehat?

Siapa sih yang nggak mau punya gaya hidup sehat. Apalagi di zaman sekarang, menjaga kesehatan itu penting banget. Kebayang nggak ketika kamu lagi seru-serunya menekuni aktivitas di waktu-waktu produktifmu eh malah sakit. Kepala pusing, jadi nggak bisa lanjut produktif deh. Sayang banget, kan?

Tapi, sebelumnya kita harus tahu dulu nih, apa sih gaya hidup sehat itu?

Jadi, gaya hidup sehat adalah salah satu cara hidup yang mengutamakan kesehatan. Nggak cuma dengan menjaga pola makan yang sehat, tapi juga dengan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan berkualitas, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, serta masih banyak lagi.

Kenapa Harus Punya Gaya Hidup Sehat?

Akan sangat banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat ini. Bukan hanya untuk mencegah datangnya penyakit, tapi juga untuk menjaga fungsional tubuh kita secara fisik, mental, dan sosial.

alasan-gaya-hidup-sehat
Alasan Menjaga Gaya Hidup Sehat (indahladya.com)

Nggak heran kalau orang yang mengartikan menjaga gaya hidup sehat hanya dengan memiliki pola makan yang sehat masih gampang kelelahan ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Karena sebenarnya banyak banget aspek yang mempengaruhi gaya hidup sehat ini, dan kalau salah satunya belum terpenuhi bisa jadi akan menurunkan salah satu fungsi tubuh kita secara fisik, mental, ataupun sosial. Seperti halnya jadi gampang lelah tadi ya! Hihi.

Apa aja sih yang Termasuk Gaya Hidup Sehat?

Nah, setelah memahami pentingnya menerapkan dan menjaga gaya hidup sehat, saatnya kita bahas satu per satu nih. Apa aja sih yang termasuk gaya hidup sehat?

menerapkan-gaya-hidup-sehat
Cara Menjaga Gaya Hidup Sehat (indahladya.com)

1. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Untuk poin pertama tentunya kita mulai dari yang paling umum dulu ya! Kalau ngomongin gaya hidup sehat pasti top of mind nya langsung “makanan sehat”. Apalagi sekarang udah banyak banget catering-catering khusus makanan sehat. Hal ini menunjukkan bahwa sudah cukup banyak orang yang aware dengan menjaga gaya hidup sehat dimulai dari apa yang kita makan.

Ada yang pernah denger nggak, kalau sarapannya terlalu banyak karbohidrat biasanya siangnya jadi gampang ngantuk? Nah ini salah satu pentingnya memilih jenis makanan yang kita makan untuk menjaga gaya hidup sehat agar semakin produktif.

Nggak cuma itu, misalkan makanan yang terlalu tinggi gula dan lemak. Nah, jenis makanan ini tuh bisa meningkatkan potensi penyakit di masa mendatang, seperti diabetes, kolestrol, atau bahkan hipertensi. Mungkin untuk sekarang di usia yang masih muda belum terlalu terasa dampaknya, tapi sebaiknya kita menjaga pola makan sehat kita dari sekarang ya, agar tidak ada penyesalan di masa mendatang!

2. Afirmasi Positif di Pagi Hari

“Sehat itu datangnya dari pikiran”

Ada yang pernah denger kalimat ini? Yes! Sebenarnya salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatanmu bisa jadi datangnya dari pikiran yang sehat pula.

Sesederhana memulai pagi hari dengan semangat dan melakukan afirmasi positif untuk pikiran kita, maka kita sudah berperan dalam usaha menjaga gaya hidup sehat dengan memiliki pola pikir yang optimis dan positif.

Kalau aku sih biasanya memulai pagi hari dengan melakukan journaling. Hal ini untuk mengafirmasi tubuh dan pikiranku bahwa hari ini akan berjalan dengan sangat baik dan bahagia. Aku juga biasanya menuangkan beberapa ide dan pikiranku di hari itu untuk membuat mood-ku tetap terjaga dengan baik. Ada yang mau coba juga nggak nih? Hihi.

3. Mengelola Stres

Next, masih berhubungan dengan pikiran, yaitu manajemen stres. Meskipun terlihat sepele, kalau kamu tidak mampu mengelola stresmu dengan baik, maka bukan tidak mungkin jika hal ini menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja.

Semua jenis emosi, baik itu yang positif maupun negatif harus divalidasi dengan baik. We’re only human dan hidup kita akan selalu dinamis. Mungkin hari ini bahagia, besoknya sedih, besoknya marah dan kecewa, besoknya bahagia lagi, sedinamis itu.

Nah, semua jenis emosi ini perlu kamu validasi. Yakinkan dirimu bahwa semua emosi ini jujur datangnya dari tubuhmu untuk memberikan sinyal dan respon akan perasaanmu di hari itu. Dengan melakukan validasi emosi ini, berarti kamu juga sedang mengelola stress agar tidak meledak di kemudian hari karena terlalu banyak ditahan dan dipendam sendiri. Hati-hati ya guys!

4. Lakukan Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Kalau ngomongin olahraga mungkin akan langsung kepikiran gym gitu ya guys? Hihi, padahal nggak selalu kok. That’s why aku menggunakan “aktivitas fisik” sebagai kata pengganti dari “olahraga”, biar kesannya gak berat-berat banget.

Misalkan kalau kamu suka melihat pemandangan alam, mungkin kamu bisa coba jogging atau bersepeda keliling kota untuk menghirup udara segar sembari menikmati pemandangan alam. Atau misalkan tim introvert nih (kayak aku, hehe) bisa juga melakukan jalan-jalan kecil di treadmill atau mengikuti gerakan workout rumahan yang sekarang udah banyak banget tersedia di youtube.

Jadi, nggak perlu aktivitas yang berat untuk berolahraga ya guys! Yang penting tubuh tetap aktif dan kita tetap happy!

5. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga memiliki peran yang tak kalah penting dalam menjaga gaya hidup sehat. Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan mengonsumi setidaknya 2 liter air putih setiap harinya.

Poin plusnya, untuk yang lagi diet minum air putih ini juga cukup membantu menjaga berat badan ideal karena membuat tidak gampang lapar. Nah, udah dapet sehatnya, dapet juga berat badan idealnya. Seru banget kan?

6. Ikuti Komunitas dan Jalin Koneksi Sosial

jalin-koneksi-sosial
Join Komunitas dan Jalin Koneksi Sosial (indahladya.com)

Masih inget dengan alasan mejaga gaya hidup sehat tadi? Salah satunya ada menyebutkan tentang “fungsi sosial”. Nah, disinilah peran sosial tubuh kita mempengaruhi gaya hidup sehat kita juga.

Luangkan waktu untuk menjalin koneksi sosial dengan orang-orang terdekatmu. Atau jika kamu tertarik, kamu juga bisa mengikut komunitas yang ada di sekitarmu.

Akan ada banyak pilihan komunitas, mulai dari sesuai asal daerah, hobi, dan profesi. Salah satu komunitas profesi dari Ahli Farmasi bisa kamu cek pafikotakoba.org

7. Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

Last but not least, jangan lupa berikan hak tubuhmu untuk beristirahat ya! Coba deh, atur jadwal yang teratur dan pastikan tubuhmu tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Dengan istirahat yang cukup, kita jadi lebih segar dan siap menjalankan aktivitas di keesokan harinya. Setuju nggak nih? Hihi.

Nah, itu dia beberapa cara menjaga gaya hidup sehat yang bisa kamu coba.  Jadi, jangan ragu untuk mulai dari sekarang dan nikmati perjalanan menuju hidup yang lebih sehat dan bahagia!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates